Forum Baca

Tempat nongkrong yang asik

5 Alasan Anak di Bawah 2 Tahun Harus Menerima Susu Formula
Parenting

5 Alasan Anak di Bawah 2 Tahun Harus Menerima Susu Formula

Anak yang belum menginjak usia 2 tahun seharusnya masih menerima ASI secara eksklusif. Namun pada kondisi tertentu pemberian susu formula diizinkan demi kebaikan si buah hati. Lactogrow menjadi salah satu pilihan produk susu formula yang mengandung gizi lengkap dan akan membantu si kecil tumbuh optimal.

Bayi Minum Susu Formula

Kesehatan si kecil adalah yang utama dan ibu tidak boleh egois memaksakan pemberian ASI jika memang tidak memungkinkan. Berikut akan dibahas beberapa kondisi yang kemudian mengharuskan anak di bawah usia 2 tahun kemudian mengonsumsi susu formula.

1.    Ibu Menderita Sakit

Alasan pertama yang menyebabkan anak dibawah 2 tahun perlu mengonsumsi susu formula adalah karena kondisi ibu yang sakit. Ibu yang menderita penyakit tertentu tidak bisa menyusui si kecil dengan ASI secara langsung. Misalnya untuk ibu yang menderita HIV, kanker payudara, sifilis, tuberkulosis, dan lain sebagainya.

Pada ibu yang menderita jenis penyakit tertentu, pemberian ASI justru bisa membahayakan kondisi buah hati. Demi kebaikan si kecil maka ibu sebaiknya tidak egois dan memberikan susu formula. Namun, ini perlu dikonsultasikan dulu kepada dokter dan ibu tidak seharusnya mengambil keputusan sendiri.

2.    Muncul Gejala Dehidrasi

Susu formula bisa jadi pilihan apabila muncul gejala dehidrasi pada tubuh si kecil. Gejala dehidrasi ini bisa berupa kulit kering, bibir kering dan pecah-pecah, juga jumlah urine yang sangat sedikit. Jika kondisi si kecil sudah dehidrasi dan ASI tetap tidak bisa mencukupi maka bisa dilakukan pemberian susu formula.

3.    Bayi Gizi Rendah

Pemantauan pertumbuhan bayi harus dilakukan secara berkala. Anak perlu ditimbang beratnya untuk memantau kecukupan gizi sudah memadai atau belum. Jika berat badan tidak kunjung mengalami peningkatan untuk jangka waktu lama dan berat badan bayi ada di bawah batas normal maka susu formula dapat dijadikan pilihan.

4.    Bayi Menderita Galactosemia

Galactosemia merupakan kondisi dimana tubuh anak tidak bisa menerima dan mencerna gula dalam bentuk galaktosa. Padahal galaktosa merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam ASI. Jika hal ini terjadi maka anak tidak bisa mencerna ASI dan butuh susu formula. Susu Lactogrow bisa dijadikan pilihan dalam kondisi ini untuk tetap memenuhi kebutuhan gizi.

5.    Bayi Menderita Phenylketonuria

Selain galaktosemia ada pula phenylketonuria yang mungkin terjadi pada bayi. Kondisi ini disebut juga dengan singkatan PKU. PKU merupakan kondisi dimana tubuh bayi tidak bisa mengonsumsi ASI. Pada kondisi ini bayi harus menerima susu formula yang tidak mengandung asam amino phenylalanine.

Perlu dipahami bahwa semua kondisi ini harus dikonsultasikan dulu dengan dokter. Dokter yang bisa memberi rekomendasi apakah anak di bawah 2 tahun tadi bisa mengonsumsi susu formula atau tidak. Jika sudah ada rekomendasi, maka segera dapatkan susu formula terbaik sesuai kebutuhan di toko perlengkapan bayi terdekat atau bisa juga secara online.