Forum Baca

Tempat nongkrong yang asik

Kapankah Waktu yang Tepat Untuk Olahraga?
Lifestyle

Kapankah Waktu yang Tepat Untuk Olahraga?

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dianjurkan, jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat. Tentunya dengan diimbangi makanan sehat, istirahat cukup, dan aktivitas yang tidak memaksakan tubuh untuk melakukannya. Tapi, apakah Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk berolahraga? Karena ternyata banyak pendapat yang mengemuka soal ini.

Waktu berolahraga memang akan sangat menentukan banyak hal pada tubuh. Mulai dari kesehatan organ dalam hingga mental. Makanya, sesibuk apapun Anda, meluangkan waktu untuk sedikit berolahraga adalah salah satu cara untuk bisa terhindar dari penyakit.

Ternyata Ini 3 Waktu yang Tepat Untuk Olahraga

Dari berbagai penelitian, ada tiga waktu yang sangat tepat digunakan untuk melakukan aktivitas olahraga. Anda akan mendapatkan manfaat berbeda ketika memilih salah satunya, karena ada bagian tubuh yang sangat merespon positif sesuai dengan waktu olahraga yang Anda pilih.

  • Malam Hari

Siapa bilang olahraga di malam hari tidak sehat? Antara pukul 19.00 – 22.00 adalah waktu yang disarankan untuk olahraga. Tidak perlu terlalu lama, yang penting kualitas olahraganya.

Anda akan merasakan kenyamanan ekstra dengan olahraga malam, dimana saat istirahat akan menjadi lebih sempurna tanpa gangguan susah tidur.

Hasilnya? Pagi hari Anda akan lebih segar karena tubuh sudah beristirahat sepanjang malam, termasuk membakar lemak berlebih selama Anda beristirahat.

  • Pagi Hari

Kebanyakan orang memilih olahraga di pagi hari, bahkan hanya dengan meluangkan waktu sekitar 10 menit setelah bangun tidur dan sebelum sarapan. Banyak manfaat yang bisa dirasakan, seperti pembakaran lemak yang lebih baik, hingga efektif untuk menurunkan berat badan bagi Anda yang sedang melakukan program diet sehat.

Selain baik bagi fisik, berkeringat di pagi hari juga akan memicu produktivitas Anda seharian nanti. Dimana, olahraga akan membantu meminimalisir stres dan membuat mental lebih sehat.

Yang perlu diingat adalah, olahraga pagi dilakukan dengan santai dan tidak dipaksakan. Anda cukup dengan melakukan jalan santai keliling kompleks rumah, atau bisa juga push up dan sit up di sisi tempat tidur.

  • Sore Hari

Tidak ada juga yang salah dengan olahraga di sore hari, tepatnya setelah Anda beraktivitas seharian. Tapi, memang durasi dan jenis olahraganya cukup yang ringan-ringan saja supaya tubuh tidak terpaksa melakukannya sehingga berakibat kelelahan.

Olahraga sore tepatnya antara pukul 13.00 – 16.00 akan membantu Anda untuk memaksimalkan kesehatan paru-paru, membuat Anda tetap bersemangat dan bisa kembali fokus melakukan aktivitas selanjutnya

Jenis olahraga yang disarankan adalah seperti jalan sore, jogging, bersepeda, atau melakukan sedikit latihan di pusat kebugaran.

Jadi, jangan ragu untuk melakukan olahraga diantara waktu yang tepat untuk berolahraga  tiga diatas. Akan banyak manfaat hebat yang akan Anda rasakan, apalagi jika berhasil menerapkan pola hidup sehat mulai dari olahraga, makanan, aktivitas, hingga kebiasaan hidup. Buat yang masih malas olahraga, yuk mulai dari sekarang!